Manfaat Sarang Walet, Tips Beli dan Memilih Jenis yang Terbaik

Bagi masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan burung walet. Ya, burung yang populasinya banyak di kawasan Asia Tenggara ini merupakan salah satu jenis burung yang kerap diternakkan.

Namun berbeda dengan jenis burung lainnya, karena yang diambil dari burung walet bukanlah telur, daging atau bulunya, akan tetapi sarangnya. Benar sekali, burung yang habitat aslinya di goa-goa ini kerap kali membuat sarang yang menempel di langit-langit goa.

Menariknya, sarang walet ini  bukan terbuat dari tumbuhan atau bahan lain untuk sarang, namun terbuat dari air liur burung walet yang mengeras dengan sendirinya. Bahannya yang begitu unik menjadikan sarang burung walet sangat kaya akan manfaat.

Sarang burung walet yang banyak diolah menjadi makanan eksotis dengan harga fantastis ini memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, tak heran jika saat ini sarang walet bukan hanya banyak diolah menjadi makanan, namun juga obat kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Sarang Walet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika sarang walet memiliki manfaat yang begitu beragam untuk tubuh dan ini bisa didapatkan tak lain karena tingginya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Pada dasarnya, sarang burung walet sendiri terbentuk dari susunan protein khusus, namun di dalamnya juga terdapat berbagai jenis mineral dan kandungan nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat sarang walet untuk tubuh.

1. Kaya Asam Amino

Liur dari burung walet yang menjadi bahan baku pembuatan sarangnya sebagian besar terdiri dari protein khusus yang didalamnya juga terdapat berbagai macam asam amino, seperti:

● Glukosamin yakni jenis asam amino yang berfungsi membantu proses pemulihan tulang rawan.

● Trosin yakni jenis asam amino yang berfungsi mempercepat pemulihan setelah sakit.

● Asam aspartate dan prolin, yakni jenis asam amino yang berfungsi untuk membantu regenerasi sel dalam tubuh.

● Sistein dan fenilalanin yakni jenis asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan kerja impuls darah, kerja memori dan juga kerja penyerapan vitamin D yang berasal dari matahari.

Beberapa jenis asam amino tersebut terbukti tak bisa diproduksi langsung oleh tubuh dan bisa didapatkan dari makanan, termasuk sarang walet. Oleh sebab itu, ketika Anda mengonsumsi sarang burung Walet, kebutuhan asam amino Anda bisa terpenuhi dengan baik,

Selain itu, sarang burung walet ini mengandung glikoproten yang mudah larut dan memiliki kandungan antioksidan tinggi. kandungan antioksidan pada sup sarang burung walet tercatat jauh lebih tinggi dibandingkan pada sup ikan atau sup ayam.

2. Sebagai Sumber Mineral

Bukan hanya kaya akan protein dan asam amino, sarang burung walet juga memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi dan lengkap seperti kalsium, tembaga, mangan serta seng. Masing-masing jenis mineral tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh.

Yang pertama yakni kalsium, dimana zat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta persendian. Kalsium juga berfungsi untuk mengatur proses pembekuan darah.

Sementara tembaga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah. Tembaga pun berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan juga meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Mineral mangan sendiri berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, pertumbuhan tulang dan juga memperlancar proses metabolisme asam amino, karbohidrat, dan juga kolesterol dalam tubuh. Zat ini juga berperan dalam mengaktifkan serta memastikan enzim dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

3. Meredakan Peradangan

Dalam dunia media, gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis atau rematik, penyakit radang usus dan juga diabetes telah banyak dikaitkan dengan meningkatnya kadar TNF-a.

Dalam jurnal International Food Journal, dilaporkan bahwa dengan mengonsumsi sarang walet secara rutin dalam menurunkan serta mengurangi produksi TNF-a, yang mana TNF-a ialah protein khusus yang dapat memicu terjadinya peradangan sistemik di dalam tubuh.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi sarang burung walet ialah resiko terserang penyakit kardiovaskular yang semakin menurun. Dari Drug Design Development and Therapy yang diterbitkan pada 2015, tercatat jika sarang burung walet dapat bertugas untuk menurunkan resiko pengentalan darah akibat tingginya kolesterol darah.

Masalah pembekuan darah sendiri termasuk salah satu penyebab paling banyak dan umum dari penyakit kardiovaskular ini. penelitian tersebut juga menemukan jika sarang burung walet mempunyai efek yang hampir sama dengan obat penurun kolesterol smimvastatin dan tanpa efek samping pada sistem metabolisme tubuh.

5. Mencegah Resistensi Insulin

Bagi seseorang yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak, resistensi insulin dapat terjadi lebih cepat dan besar. Resistensi insulin sendiri adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit diabetes.

Kandungan zat yang ada pada sarang burung walet dapat berperan mencegah otak melepaskan sinyal yang memerintah penambahan produksi insulin sebagai respon atas tingginya asupan lemak dalam tubuh.

Sarang burung walet juga berpotensi untuk memelihara kerja metabolisme tubuh dalam memecah lemak lebih efektif.

6. Tinggi Antioksidan

Penyakit berbahaya seperti kanker, sangat erat hubungannya dengan zat antioksidan. Ya biasanya sumber makanan yang memiliki kandungan zat antioksidan tinggi dapat mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Hal ini terjadi karena zat antioksidan dapat berfungsi untuk melawan efek radikal bebas, yang tak lain dan tak bukan adalah penyebab dari penyakit kronis tersebut.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Peningkatan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi sarang walet akan sangat terasa pada penderita penyakit yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Sebuah studi menunjukkan jika seseorang yang sedang menjalani kemoterapi mengonsumsi olahan sarang burung walet selama 30 hari berturut-turut maka dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya secara spesifik.

Tak hanya itu, sarang burung walet juga berfungsi untuk mengurangi cedera di jaringan usus yang merupakan efek samping dari obat kemoterapi cyclophpsphamide.

Untuk mendapatkan seluruh manfaat sarang burung walet, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan, namun olahan yang paling populer ialah sup.

Beli Sarang Burung Walet Untuk Pengobatan

Bagi Anda yang sedang dalam proses pengobatan dari berbagai jenis penyakit, sarang walet bisa jadi alternatif yang menarik. Selain memberikan manfaat yang beragam, sarang walet juga aman dan tanpa efek samping.

Sayangnya, saat ini begitu banyak penjual curang yang menjual sarang walet yang sudah dicampur dengan berbagai bahan, sehingga manfaatnya pun berkurang drastis bahkan justru dapat memicu berbagai penyakit akibat bahan campuran tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus lebih jeli memilih penjual yang bertanggung jawab dan hanya memperjualbelikan produk berkualitas.

Berikut ini adalah tips beli sarang burung walet agar tak tertipu.

1. Penjual Terpercaya

Satu kunci penting ketika Anda memilih penjual sarang burung walet, yakni harus terpercaya. Kontek yang dimaksud disini bukan hanya sebatas kepercayaan pada proses pembayaran saja, namun juga kepercayaan atas kualitas produk yang dikirim.

Untuk memastikan apakah penjual terkait dapat mengemban amanah dengan baik atau justru sebaliknya, Anda bisa langsung cek melalui review atau pendapat dari customer sebelumnya. Selain itu Anda juga bisa cek langsung ke lembaga atau bahkan kandangnya.

Hindari penjual yang memberi iming-iming harga terlalu rendah, karena bisa jadi kualita produk yang akan Anda dapatkan sangat rendah.

2. Beli yang Pure Original Nest

Walaupun harga dari pure original nest atau walet original jauh lebih mahal dibandingkan jenis lain, namun ini jauh lebih aman karena terjamin keaslian produk tanpa campuran bahan lain.

Jenis pure original nest ini merupakan sarang walet yang langsung diambil dengan keadaan sudah mengering dan tak menggunakan bahan kimia tambahan sedikitpun. Ciri dari pure original nest sendiri ada banyak, salah satunya adalah serat jaringnya yang tampak begitu jelas.

3. Bertanggung Jawab Dalam pengiriman

Untuk Anda yang beli sarang burung walet secara online, pengiriman barang jadi satu faktor yang juga harus diperhatikan dengan baik. Mengapa? Karena pengiriman yang tidak sesuai prosedur dapat berpotensi merusak bentuk sarang burung walet, alhasil harganya pun turun drastis.

Sebagai konsumen, tentu Anda tak ingin membeli sarang burung walet dengan kondisi sudah hancur kan? Untuk itulah, Anda harus mencari penjual yang bertanggung jawab dengan pengiriman. kemasan dibuat serapi dan seaman mungkin sehingga tak menurunkan kualitas produk yang dikirim.

4. Negosiasi Harga

Apabila Anda sedang membutuhkan sarang walet dalam jumlah besar, sebaiknya selalu negosiasikan harga terlebih dahulu. Anda bisa meminta pengurangan harga dengan minimal pembelian tertentu.

Umumnya, setiap penjual sarang burung walet yang profesional akan mengadakan banyak diskon menarik bagi mereka yang melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Semua tips di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan produk kualitas terbaik dengan harga miring. Nah daripada bingung harus mencari penjual sarang burung walet yang terpercaya, Anda bisa menghubungi kami segera.

Dengan berbagai kelebihan, kami menjamin kepuasan Anda ketika berbelanja di lembaga kami.

Jenis Sarang Walet Untuk Diperjual Belikan

Sebagai salah satu peternak sekaligus lembaga penjualan sarang walet, kami menjual berbagai jenis sarang burung walet dengan kualitas terbaik. berikut adalah beberapa produk unggulan yang kami jual:

1. Sarang Walet Mangkok

Salah satu jenis terbaik yang kami miliki adalah sarang burung walet original mangkok atau originalist. Sarang originalnest ini memiliki tingkat keaslian yang tinggi, dimana perlakukan yang diberikan cukup sedikit. Semakin sedikit perlakukan yang diberikan maka semakin alami produk yang dihasilkan.

Jenis ini tidak mendapatkan modifikasi apapun mulai dari proses pembentukan sampai dengan penjualannya. Yang mana sarang originalnest umumnya terbuat dari bahan baku bulu ringan atau plontos.

Sebelum menjualnya, biasanya peternak akan mencabut bulu ringan tersebut dengan proses dry processing dan kemudian melalui proses steam untuk menghilangkan kuman di dalamnya. Beberapa peternak juga kerap melakukan cara manual yakni mencabut bulu halus dengan tangan, sehingga hasilnya lebih rapi.

Dengan tingkat keaslian yang begitu tinggi, tentu tak heran jika harga sarang walet mangkok pun lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Untuk ukuran sendiri cukup variatif, mulai dari lebar setara 2 jari orang dewasa, 3 jari atau bahkan lebih.

2. Sarang Walet Patahan

Berbanding terbalik dengan sarang originalnest atau bentuk mangkok, sarang yang bentuknya sudah tidak beraturan ini merupakan jenis dengan harga termurah. sarang walet patahan sendiri sebenarnya berasal dari sarang bentuk mangkok namun terjadi kesalahan pada proses pengangkatan sehingga merusak bentuk aslinya.

Selain itu, sarang burung walet patahan juga kerap kali terbentuk karena rusak saat pengiriman atau berasal dari sisa-sisa sarang walet yang jatuh dari rumah sarang burung walet itu sendiri.

Meski bentuknya sudah tidak sempurna, namun kandungan gizi yang terdapat pada bentuk ini sama dengan jenis lain. Biasanya jenis ini akan banyak diolah menjadi makanan siap santap ataupun sebagai obat penyakit tertentu.

3. Sarang Walet Merah

Sesuai namanya, jenis sarang burung walet satu ini memiliki warna merah atau sedikit keorenan. Warna unik ini terbentuk secara alami karena tercampur dengan darah burung walet ketika burung walet sedang mengeluarkan telur dan sama sekali bukan dari darah perkelahian.

Bentuk dari sarang merah pun tak jauh berbeda dengan sarang mangkok, hanya saja ukurannya biasanya relatif lebih kecil. Untuk harganya juga termasuk sangat tinggi atau hampir sama dengan sarang mangkok.

Kandungan gizi dari sarang walet merah juga begitu tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Sayangnya sekarang ini sudah banyak penjual nakal yang membuat sarang  burung walet merah dengan pewarna kimia yang dapat merusak kandungan gizi dan membuatnya berbahaya untuk dikonsumsi.

Parahnya lagi, sarang merah buatan ini juga kerap dicampur dengan kotoran dari burung walet sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

4. Sarang Walet Segitiga

Selanjutnya ada sarang burung walet dengan bentuk triangle atau segitiga. Sarang ini biasanya terbentuk karena berada di pojok ruangan rumah walet, sehingga membentuk siku di setiap sisinya.

Ukuran dari sarang walet segitiga juga relatif lebih kecil namun dengan serat yang begitu tajam. Sementara untuk harganya sendiri, produk ini termasuk dalam kelas standar atau disesuaikan dengan originalitas serta ukurannya.

Untuk masalah kandungan gizi, tentu sarang segitiga juga dilengkapi dengan nutrisi yang tak kalah lengkapnya.

5. Sarang Walet Strip

Yang terakhir yakni ada sarang walet strip. Bentuk dari jenis ini tampak seperti sobekan-sobekan sarang burung walet utuh namun dalam ukuran besarnya masih menyerupai bentuk mangkok.  Bentuk strip sendiri biasanya dihasilkan dari sarang bentuk mangkok atau segitiga yang sudah melalui proses pembersihan.

Jenis ini sengaja tidak dibentuk seperti mangko ataupun segitiga karena kebanyakan digunakan sebagai campuran sup. Oleh sebab itu, harga sarang burung walet strip pun lebih murah. Walau begitu, rasa dan kandungan gizinya dijamin sama dengan sarang bentuk mangkok ataupun segitiga.

Kelima jenis sarang walet di atas kami jual dengan harga yang bersaing. Anda bisa membandingkan sendiri harga yang kami patok dengan harga dari lembaga penjualan lain.

Untuk pemesanan dalam jumlah besar pun kami menawarkan harga khusus, jadi buat Anda yang sedang mencari sarang burung walet berkualitas dan dalam jumlah banyak jangan sungkan untuk segera menghubungi kami.

Layanan customer service yang kami tawarkan pun akan bekerja fast respon, jadi dijamin Anda akan mendapatkan layanan customer yang begitu baik.

Tunggu apa lagi, segera dapatkan sarang walet berkualitas dan ambil manfaat di dalamnya dengan mengonsumsi olahan bahan eksotis ini secara rutin. Ingat untuk mendapatkan semua manfaat di atas Anda tak bisa memperolehnya secara instan dan harus dikonsumsi secara teratur.